Matahari kita adalah urutan utama normal bintang G2, salah satu dari lebih dari 100 miliar bintang di galaksi kita.
Diameter : 1.390.000 km .
         massa : 1.989e30 kg
         Suhu : 5800 K (permukaan)
                      15.600.000 K (inti) 
Matahari adalah objek jauh terbesar di tata surya. Ini berisi lebih dari 99,8% dari total massa dari tata surya ( Jupiter berisi sebagian besar sisanya).
Hal ini sering dikatakan bahwa Matahari adalah sebuah bintang "biasa". Itu benar dalam arti bahwa ada banyak 'orang lain' yang mirip dengan itu. Tapi ada banyak bintang-bintang lebih kecil daripada yang lebih besar, Matahari berada di 10% massa teratas. Ukuran rata-rata bintang di galaksi kita mungkin kurang dari setengah massa Matahari.
Matahari dipersonifikasikan dalam mitologi banyak: orang Yunani menyebutnya Helios dan Roma menyebutnya Sol .
Sun, pada saat ini, sekitar 70% hidrogen dan 28% helium oleh segala sesuatu massa lain (" logam ") berjumlah kurang dari 2%. Perubahan ini perlahan-lahan dari waktu ke waktu seperti Matahari mengubah hidrogen menjadi helium di intinya.
Lapisan luar rotasi diferensial Sun exhibit: di khatulistiwa permukaan berputar sekali setiap 25,4 hari; dekat kutub itu sebanyak 36 hari. Perilaku aneh adalah karena fakta bahwa matahari bukanlah benda padat seperti Bumi. Efek yang sama terlihat di planet gas . Rotasi diferensial meluas jauh ke dalam interior Matahari tapi inti dari Matahari berputar sebagai suatu benda padat.
Kondisi di inti Matahari (sekitar 25% bagian dalam radius) yang ekstrim. Suhu 15,6 juta Kelvin dan tekanan 250 miliar atmosfer . Di pusat inti kepadatan Matahari lebih dari 150 kali dari air.
Kekuatan Sun (sekitar 386.000.000.000 miliar megawatt) diproduksi oleh fusi nuklir reaksi. Setiap detik sekitar 700.000.000 ton hidrogen diubah menjadi sekitar 695.000.000 ton helium dan 5.000.000 ton (= 3.86e33 ergs) energi dalam bentuk sinar gamma. Karena perjalanan keluar ke permukaan, energi terus menerus diserap dan dipancarkan kembali pada suhu yang lebih rendah dan lebih rendah sehingga pada saat mencapai permukaan, itu adalah terang terutama terlihat. Untuk terakhir 20% dari jalan ke permukaan energi dilakukan lebih oleh konveksi daripada radiasi.
Permukaan Matahari, yang disebut fotosfer, berada pada suhu sekitar 5800 K. Bintik matahari adalah "keren" daerah, hanya 3800 K (mereka terlihat gelap hanya dengan perbandingan dengan daerah sekitarnya). Bintik matahari bisa sangat besar, sebanyak 50.000 km dengan diameter. Sunspots disebabkan oleh interaksi yang rumit dan tidak dipahami dengan baik dengan medan magnet Matahari.
Sebuah daerah kecil yang dikenal sebagai kromosfer terletak diatas fotosfer.
Daerah yang sangat langka di atas kromosfer, yang disebut korona, meluas jutaan kilometer ke ruang angkasa, tetapi hanya akan terlihat selama gerhana matahari total (kiri). Suhu di korona lebih dari 1.000.000 K.
Hanya saja terjadi bahwa Bulan dan Matahari muncul ukuran yang sama di langit sebagai dilihat dari Bumi. Dan karena Bulan mengorbit Bumi di sekitar bidang yang sama seperti orbit Bumi mengelilingi matahari kadang-kadang Bulan datang langsung antara Bumi dan Matahari. Hal ini disebut gerhana matahari, jika alignment slighly sempurna maka Bulan hanya mencakup bagian dari hard disk Sun dan acara ini disebut gerhana parsial. Ketika berbaris sempurna disk surya seluruh diblokir dan ini disebut gerhana total matahari. Gerhana parsial terlihat di wilayah yang luas dari Bumi, tetapi wilayah dari mana gerhana total terlihat, yang disebut jalur totalitas, sangat sempit, hanya beberapa kilometer (meskipun biasanya ribuan kilometer panjang). Gerhana Matahari terjadi sekali atau dua kali setahun. Jika Anda tinggal di rumah, Anda cenderung melihat gerhana parsial beberapa kali per dekade. Tapi karena jalur totalitas sangat kecil sangat tidak mungkin bahwa ia akan menyeberangi pulang. Jadi orang sering melakukan perjalanan setengah jalan di seluruh dunia hanya untuk melihat gerhana matahari total. Untuk berdiri di bayang-bayang Bulan adalah sebuah pengalaman yang luar biasa. Untuk beberapa menit berharga itu akan gelap di tengah hari. Bintang-bintang keluar. Hewan-hewan dan burung pikir sudah waktunya untuk tidur. Dan Anda dapat melihat korona matahari. Hal ini juga bernilai perjalanan besar.
Medan magnet Matahari sangat kuat (menurut standar terestrial) dan sangat rumit. Its magnetosfer (juga dikenal sebagai heliosphere ) memanjang ke luar Pluto .
Selain panas dan cahaya, Matahari juga memancarkan aliran kepadatan rendah partikel bermuatan (kebanyakan elektron dan proton) yang dikenal sebagai angin surya yang menyebar di seluruh tata surya sekitar 450 km / detik. Angin surya dan partikel energi yang jauh lebih tinggi dikeluarkan oleh jilatan api matahari dapat memiliki efek dramatis di Bumi mulai dari kabel listrik surges untuk interferensi radio yang indah aurora borealis .
Data terbaru dari pesawat ruang angkasa Ulysses menunjukkan bahwa selama minimum dari siklus matahari angin matahari berasal dari daerah kutub mengalir di hampir dua kali lipat tingkat, 750 kilometer per detik, daripada tidak di lintang yang lebih rendah. Komposisi dari angin matahari juga muncul berbeda di daerah kutub. Selama solar maksimum, Namun, angin matahari bergerak pada kecepatan menengah .
Studi lebih lanjut dari angin matahari akan dilakukan oleh baru-baru ini meluncurkan Angin , ACE dan SOHO pesawat ruang angkasa dari sudut pandang dinamis stabil langsung antara Bumi dan Matahari sekitar 1,6 juta km dari Bumi.
Angin matahari memiliki efek besar pada ekor komet dan bahkan memiliki efek terukur pada lintasan pesawat ruang angkasa.
Loop spektakuler dan prominences sering terlihat pada ekstremitas Matahari (kiri).
Output Matahari  tidak sepenuhnya konstan. Juga jumlah aktivitas sunspot. Ada periode aktivitas sunspot sangat rendah dalam paruh kedua abad ke-17 disebut Minimum bersungut. Ini bertepatan dengan periode normal dingin di Eropa utara kadang-kadang dikenal sebagai Little Ice Age. Sejak pembentukan tata surya output Sun telah meningkat sekitar 40%.
Matahari adalah sekitar 4,5 miliar tahun. Sejak kelahirannya telah digunakan sekitar setengah dari hidrogen di intinya. Ini akan terus memancarkan "damai" selama 5 miliar tahun atau lebih (meskipun luminositas yang kira-kira akan dua kali lipat dalam waktu itu). Tapi akhirnya akan kehabisan bahan bakar hidrogen. Hal ini kemudian akan dipaksa ke dalam perubahan radikal yang, meskipun dengan standar bintang biasa, akan mengakibatkan kehancuran total bumi (dan mungkin penciptaan nebula planet ).

Matahari satelit

Ada delapan planet dan sejumlah besar benda yang lebih kecil yang mengorbit Matahari. (Tepat yang tubuh harus diklasifikasikan sebagai planet dan yang sebagai "benda kecil" telah menjadi sumber dari beberapa kontroversi , tetapi pada akhirnya itu benar-benar hanya masalah definisi Pluto tidak lagi resmi planet. tapi kami akan tetap sini demi sejarah.)
Jarak Radius Massa
 Planet (000 km) (km) (kg) Penemu Tanggal
 --------- --------- ------ ------- ---------- -----
 Merkurius 57910 3.30e23 2439
 Venus 108.200 6052 4.87e24
 Bumi 6378 149600 5.98e24
 Mars 3397 227940 6.42e23
 Jupiter 778.330 71.492 1.90e27
 Saturnus 1426940 60268 5.69e26
 Uranus 2870990 25559 8.69e25 Herschel 1781
 Neptunus 4497070 24764 1.02e26 Galle 1846
 Pluto 5913520 1160 1.31e22 Tombaugh 1930